Breaking News

Presiden Lantik Pengurus Kwarnas Pramuka Masa Bakti 2018-2023

Kak Budi Waseso di lantik Oleh Presiden

(27/12/2018) JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka melantik jajaran pengurus Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di halaman tengah Istana Negara, Jakarta, pada Kamis pagi, 27 Desember 2018. Pengurus Kwarnas yang dilantik sejumlah 86 orang dipimpin Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Kak Budi Waseso.

Selain pengurus, dilantik pula Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarnas yang terdiri dari wakil-wakil daerah sesuai hasil Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 2018 di Kendari, Sulawesi Tenggara, akhir September 2018. Dalam pelantikan kali ini, hadir pula unsur Dewan Kerja Nasional (DKN) 2018-2023 yang terdiri dari para Pramuka Penegak dan Pandega (16-25 tahun) terpilih.

Pelantikan pengurus Kwarnas kali ini menandai penggantian dari pengurus lama masa bakti 2013-2018 yang dipimpin Dr. Adhyaksa Dault, SH, kepada pengurus baru hasil pilihan tim formatur yang dibentuk pada saat Munas Gerakan Pramuka akhir September 2018.

Di bawah kepemimpinan Kak Budi Waseso rencana dan program kerja pengurus Kwarnas baru akan dititikberatkan pada pelaksanaan keputusan-keputusan Munas dalam bentuk Dasa Karya Gerakan Pramuka. Setiap kepengurusan di kwartir baik di tingkat pusat sampai ranting diharapkan bisa mengimplementasikan Dasa Karya dalam bentuk kegitan yang konkret. "Sepuluh karya ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas Gerakan Pramuka, baik secara internal, eksternal, maupun di tingkat internasional. Karena itu kami berharap kepengurusan baru ini bisa mengimplementasikan sepuluh Dasa Karya itu dalam bentuk kegiatan yang konkret demi kemajuan Gerakan Pramuka," ujar Kak Budi Waseso.

Sepuluh Karya itu yakni:
  1. Penguatan Kwartir
  2. Penguatan Kwartir, pengembangan Pusdik dan Puslitbang
  3. Memperkuat peran kehumasan
  4. Sentra perkemahan terintegrasi
  5. Manajemen aset yang baik dan mandiri secara finansial
  6. Pramuka agen perubahan berbasis sesosif
  7. Pramuka yang kreatif dan inovatif
  8. Pramuka berwirausaha
  9. Pramuka bermasyarakat
  10. Pramuka berwawasan dan global

Pendatanganan Surat Perjanjian di hadapan Presiden

Kak Budi Waseso juga menekankan pentingnya Pramuka untuk terus mewujudkan semangat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kesiapan bela negara untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Sejak kelahirannya Pramuka dibentuk untuk menyatukan dan memperkuat NKRI. Jadi setiap waktu komitmen dan semangat bela negara dalam diri Pramuka harus terus ditanamkan. Pengabdian di masyarakat, rela menolong dan tabah adalah salah satu cermin dari sifat bela negara dan revolusi mental Pramuka," tandasnya.

Dalam menjalankan tugasnya Kak Budi akan dibantu bersama 13 Pengurus Harian yang terdiri dari :
  • Wakil Ketua Bidang Perencanaan dan Pengembangan (Kak Jana T. Anggadiredja)
  • Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Kak Supriyadi)
  • Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Kak Suyatno)
  • Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum (Kak Chairul Huda)
  • Wakil Ketua Bidang Aset dan Usaha (Kak Yulius)
  • Wakil Ketua Bidang Kerjasama Dalam Negeri (Kak Dede Yusuf Macan Efendi)
  • Wakil Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri (Kak Ahmad Rusdi)
  • Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika (Kak Berthold Sinaulan)
  • Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (Kak GKR Mangkubumi)
    Wakil Ketua Saka, Sako dan Gusdarma (Laksamana Muda TNI (Purn) Kak Kingkin Suroso
  • Wakil Ketua Bidang Bela Negara (Brigjen TNI Kak Hasto Pratisto Yuwono)
  • Sekretaris Jenderal (Mayjen TNI (Purn) Kak Bachtiar
  • Bendahara (Kak Afan A. Nugroho)
Para wakil ketua ini juga akan dibantu oleh Andalan Nasional sesuai bidang masing-masing.

Kak Budi berharap kepengurusan baru ini bisa menjaga amanah dan bekerja sebaik mungkin untuk kemajuan Gerakan Pramuka. Tak lupa, Kak Budi juga meminta suport dan kerjasamanya kepada semua pihak dalam menjalankan kepengurusan ini selama lima tahun ke depan agar bisa konsisten. "Dukungan dan kerjasama yang baik dari kakak-kakak jadi modal kami untuk membawa perahu besar Gerakan Pramuka ini ke arah yang lebih maju. Saya yakin jajaran pengurus baru punya komitmen, loyalitas, kemampuan dan integritas yang tinggi untuk bekerja demi nama baik Pramuka," tandasnya.

#IndonesiaScoutJournalist

No comments