Breaking News

Selamat Hari Guru Nasional | 25 November 2018


Beberapa fakta dibalik Peringatan Hari Guru Nasional :


#1. Sebelum Bernama PGRI

Sebelum dicetuskannya Hari Guru pada tanggal 25 November, para guru lebih dulu telah mendirikan Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1912.

Persatuan tersebut dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berisikan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah. Kemudia PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932.

Tepat pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pun terbentuk.

#2. Peresmian Hari Guru

Dua bulan setelah Indonesia merdeka, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya, pada tanggal 24–25 November 1945 di Surakarta.

Setelah kongres tersebut tepat pada 25 November 1945, menghasilkan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Meski belum ada keputusan resmi dari pemerintah, tanggal tersebut dianggap sebagai Hari Guru.

Pemerintah baru meresmikan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November tahun 1994. Hari Guru Nasional sendiri resmi diperingati dengan dasar Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

#3. Bukan Hari Libur

Di Indonesia, Hari Guru tidak termasuk hari libur resmi. Namun, di negara lain Hari Guru adalah hari libur sekolah.

#4. Peringatan Hari Guru Berbeda-Beda

Tanggal untuk memperingati Hari Guru di setiap negara berbeda. Indonesia sendiri menetapkan Hari Guru Nasional pada 25 November.

Seperti di Amerika yang menetapkan Hari Guru pada Minggu pertama di bulan Mei, Filipina 5 Oktober, Hongkong 10 September, Korea Selatan 15 Mei dan lain-lain.

#5. Bentuk Perayaan Di Dunia

1. India
Perayaan hari guru di India dimulai dari anak-anak yang mendekorasi ruang kelas mereka, mengatur acara khusus dan memberikan hadiah kepada para guru.

2. Lithuania, Eropa
Sebaliknya, siswa senior yang mengisi kelas untuk siswa junior di sekolah dan guru menghadiri konser yang dilakukan oleh siswa.

3. Amerika Serikat
Untuk merayakan hari itu, berbagai acara tingkat nasional dan pameran diselenggarakan untuk semua guru di negara yang bertujuan untuk memperkuat ikatan antara guru dan siswa.

4. Vietnam
Cara yang populer merayakan hari istimewa di negara ini adalah para siswa yang mengatur perjalanan liburan kejutan untuk guru mereka sebagai bentuk terima kasih.

Salam Pramuka...

No comments